Thursday, May 19, 2016

Kenapa Belajar Musik Terasa Sulit Sekali..???

Jawabannya ada pada diri kita sendiri.. Apakah kita suka musik?
Sangat diragukan bila ada orang yang tidak suka musik sama sekali, hidup ini penuh dengan musik, nada, irama, suara, sungguh luar biasa.

Musik adalah untuk di nikmati, ayolah jangan pernah berpikir kita tidak berbakat dalam musik, musik tidak memilih orang yang berbakat, tapi memilih orang yang kreatif sehingga bisa menciptakan musik dan dapat nikmati para pendengar musik.

Besar kecilnya minat kita dalam bidang musik akan berpengaruh pada proses belajar musik, baik itu kursus formal maupun autodidak. Terkadang kita sering melihat seorang pemain piano bermain begitu enak di pandang, terasa enteng tidak ada beban dan enak didengar, namun pada saat kita mencoba untuk melakukan hal yang sama seperti orang itu, sungguh sangat susah sekali, terasa berat, kaku, tidak enak didengar hingga akhirnya berkesimpulan " aaaaaah ... Yasudahlah, mungkin aku ga berbakat dalam bidang musik ".

Ini bukan masalah bakat tapi keras tidaknya kemauan kita untuk belajar musik, kita tidak pernah tahu butuh waktu berapa lama si pemain piano bermain hingga seperti itu, mungkin 1 tahun, 2 tahun, dan kita melihat permainannya setelah dia berhasil menempuh pelajarannya disaat kita sedang belajar, seharusnya kita ter-motivasi dan menjadikannya suatu trigger untuk kita terus belajar. Tidak akan berguna orang yang berbakat apabila tanpa belajar.

Biarkanlah naluri musik dalam diri kita yang memilih, Cobalah belajar beberapa instrument musik, seperti gitar, drum, piano atau bisa juga vokal, rasakan perbedaannya apakah belajar piano lebih sulit dari drum? Atau belajar vokal lebih nyaman dari semuanya, jika begitu cobalah untuk fokus belajar vokal, karena dengan perasaan nyaman proses belajar pun akan lebih menyenangkan.

Sering sering ikut seminar musik untuk menambah wawasan, jangan ragu untuk mencoba tampil di beberapa event musik karena itu sangat penting untuk membangun mental kita dalam bermusik. Minta kritik dan saran kepada teman tentang perkembangan kemampuan kita dalam bidang musik agar kita selalu ter-motivasi.

Musik itu menyenangkan, semakin dalam akan semakin tertantang... Tertantang untuk kreatif dalam sebuah penciptaan...!!!!
Reaksi:

11 comments:

  1. saya pernah belajar gitar gan, susahnya bukan main, telinga saya nggak peka sama nadanya

    ReplyDelete
  2. solusinya bisa dengan mencoba semua alat musik, rasakan jenis alat musik apa yang membuat telinga agan peka, klo agan kurang peka terhadap nada, cobalah dulu belajar drum, atau perkusi, bisa jadi telinga agan akan lebih peka terhadap ketukan. ane kira seperti itu alternatif nya

    ReplyDelete
  3. nah bnr ,intinya apa" itu hrus ada kemauan dulu

    ReplyDelete
  4. Kalo ane gak ada bakat kayaknya

    ReplyDelete
  5. Dulu pernah belajar gitar susah banget gan.Lama lama jadi males

    ReplyDelete
  6. suka sama penutupnya "Musik itu menyenangkan, semakin dalam akan semakin tertantang... Tertantang untuk kreatif dalam sebuah penciptaan...!"

    ReplyDelete
  7. Sejak zaman SMA sampe sekarang gak pernah bisa maen gitar. Padahal sering belajar.

    Mungkin marena kurang ulet sma gurunya aja kali ya yang gak pas

    ReplyDelete
  8. saya mah jagonya pianika sejak SD sudah dilatih :v

    ReplyDelete